Sabtu, 28 September 2013

TAFISR QUR'AN SURAT AL FAJR AYAT 1

TAFSIR QUR’AN SURAT AL FAJR AYAT 1

Allah berfirman di dalam Qs Al Fajr ayat 1 yaitu , “ wal fajri “ yang artinya , “ Demi Fajar “

Al Fajr berarti datangnya waktu Shubuh ( di pagi har ) yang telah melenyapkan kegelapan malam. Allah benar-benar bersumpah dengan waktu Fajr, karena dengan munculnya Fajr berarti waktu malam telah berakhir dan muncullah sinar matahari.

Manusia mulai bertebaran di bumi untuk melaksanakan berbagai macam aktivitasnya di siang hari. Burung-burung dan binatang liar lainnya juga bertebaran untuk mencari makan.

Yang demikian itu menyerupai berbangkitnya orang-orang mati dari alam kubur. Dan hal ini merupakan pembelajaran yang sangat besar bagi kita yang mau merenung, mau berfikir, mau tafakur.

Ada juga yang punya lain pendapat bahwa yang dimaksud dengan Al Fajr itu adalah Fajr hari tertentu yaitu fajar pagi hari Arafah, atau Fajr Hari Raya Qurban ( yaumun nahr ).

Allah bersumpah dengannya, karena pagi hari itu merupakan hari yang mulia.

Orang-orang yang melaksanakan ibadah haji pada hari itu semuanya terkonsentrasi berkumpul di padang Arafah untuk melakukan Wukuf.

Atau Allah bersumpah dengan Fajr hari Nahr, karena ini merupakan hari besar. Dimana pada hari itu, manusia melaksanakan penyembelihan kurban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar