Rabu, 25 September 2013

MANUSIA YANG BERUNTUNG DI SISI ALLAH

Dari surat Al Ashr sudah dijelaskan orang-orang seperti apakah yang berada dalam kerugian. Lawan atau kebalikan hari hal itu berarti orang-orang yang beruntung di sisi Allah ?

Orang-orang yang seperti apakah yang dikatakan beruntung di sisi Allah itu ? Yaitu :

1. Beriman, yaitu mengenal Allah, mengenal Rasul-Nya dan mengenal agama Islam.

2. Banyak berbuat kebajikan atau amal saleh seperti mendirikan atau menegakkan shalat, mengeluarkan zakat, melaksanakan puasa Ramadhan, jujur dalam berprilaku baik ucap laku maupun lampah ;

3.Saling menasehati, saling mengingatkan dalam hal kebenaran, mengajak orang lain agar beriman, ber amal saleh dan mendorong ke arah itu

4. Saling menasehati dalam menetapi kesabaran maksudnya sabar berbuat taat kepada Allah dan Rasul-Nya dan sabar ketika ditimpa kesengsaraan, kemiskinan, musibah, penderitaan, kekurangan dsb.
Sabar disini menunggu ketetapan Allah selanjutnya, karena manusia itu tidak ada yang kekal, sengsara tidak kekal pasti diganti dengan yang sebaliknya.

Jadi orang yang beruntung di sisi Allah adalah orang yang pandai dan cerdas memanfaatkan waktu yang telah disediakan Allah untuk berbuat sesuatu yang diridoi Allah, baik dalam perbuatan maupun dalam ucapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar