Kamis, 26 September 2013

SIAPAKAH KARUHUN ITU ?

Karuhun itu adalah sama dengan kita semua hanya dia adalah orang yang dihormati karena keilmuannya, luas cara pandang agamanya, dalam ilmu agamanya, bijaksana dalam bersikap, jujur dalam berprilaku.

Mereka banyak berbuat amal kebajikan. Mereka tidak mementingkan diri sendiri, namun apa yang dilakukannya itu benar-benar untuk kebaikan umat, kemuliaan umat, keluhuran budi pekerti umat. Menuju kesempurnaan hidup baik untuk dunia maupun untuk akhirat.

Mereka tidak mau menuntun umat ke jalan yang tidak diridoi Allah, karena menanggung dosa sendiri saja sudah berat, apalagi ditambah dosanya orang-orang yang dituntun, sehingga semakin berat baginya.

Yang dimakan oleh mereka juga rezkinya itu dengan cara halal. Mereka tidak mau dicampuri makanan dari hasil perbuatan bathil. Prilakunyapun selalu berusaha sesuai dengan yang diperintahkan Allah dan segala apa yang disampaikan oleh Rasul-Nya.

Apabila kita menghendaki apa yang telah didapat oleh mereka ( para karuhun ) , maka ikutilah jejaknya, sebarkan ajarannya, akan tetapi jangan lupa yang harus sesuai dengan tuntunan Al Qur'an dan Hadits. Dan kalau Allah berkehendak pasti akan mendapatkannya . Awas tidak bisa dipaksakan untuk mendapatkan ilmunya itu, khawatirnya nanti yang menyelewengkan hati manusianya syaitan yang masuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar