Minggu, 23 Maret 2014

APAKAH YANG MEMBUAT MENANGIS DAN GEMBIRA DI SISI ALLAH ?



Sebagian ulama zuhud berkata, " Barangsiapa merasa senang berbuat dosa, maka Allah akan memasukkannya ke dalam neraka dalam keadaan menangis. Dan barangsiapa merasa menangis karena taat kepada Allah, maka sesungguhnya Allah akan memasukkannya ke dalam surga dalam keadaan gembira "

Penjelesan kalimat kalimat di atas adalah "  Barangsiapa merasa senang berbuat dosa, maka Allah akan memasukkannya ke dalam neraka dalam keadaan menangis " . Orang -orang seperti ini biasanya selalu banyak membikin kerusakan, kekacauan, kejahatan di muka bumi. Berbuat zalim terhadap sesama, mereka rela dan merasa senang tertawa di atas penderitaan orang lain. Mereka tidak mau peduli akibat perbuatan yang telah dilakukannya itu memakan korban orang lain, membuat sengsara, atau menderita orang lain. Yang penting tujuan pribadinya atau kelompok golongannya berhasil. Karena itu Allah membalas perbuatannya itu dengan cara dibalik, di dunia mereka tertawa, namun ketika di akhirat dibuat oleh Allah menangis selama lamanya.

Lalu , " barangsiapa merasa menangis karena taat kepada Allah, maka sesungguhnya Allah akan memasukkannya ke dalam surga dalam keadaan gembira " . Orang orang seperti ini biasanya keadaan kehidupannya sangat sederhana, namun tidak pernah meminta kepada siapapun, cukup hanya kepada Allah. Mereka punya harga diri, tidak mau mengemis kepada siapapun, karena takut perbuatannya itu akan membuat Allah murka dan melaknatnya. Mereka benar benar mentaati segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan Allah. Dan apa yang dilakukannya itu semuanya hanya untuk Allah dan karena Allah. Masalah rezeki diserahkannya kepada Allah , bagaimana mengaturnya, sedikit diterima dan disyukurinya dibarengi dengan sabar, dan di saat dikasih berlebih pun tidak gugup , tetap berlaku sederhana . Hidupnya tidak boros namun juga tidak kikir. Kepada orang-orang seperti ini Allah akan membalasnya di akhirat dengan memberikan tempat yang menuh dengan berbagai macam kenikmatan, sehingga mereka menjadi gembira karenanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar