Senin, 07 Oktober 2013

PERJALANAN NABI MUSA AS



Allah swt berfirmn di dalam Al Quran  yaitu

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا مُوسَىٰ بِآيَاتِنَا وَسُلْطَانٍ مُبِينٍ [١١:٩٦]

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Musa dengan tanda-tanda (kekuasaan) Kami dan mukjizat yang nyata,  ( QS 11 : 96 )

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا مُوسَىٰ بِآيَاتِنَا إِلَىٰ فِرْعَوْنَ وَمَلَئِهِ فَقَالَ إِنِّي رَسُولُ رَبِّ الْعَالَمِينَ [٤٣:٤٦]

Dan sesunguhnya Kami telah mengutus Musa dengan membawa mukjizat-mukjizat Kami kepada Fir'aun dan pemuka-pemuka kaumnya. Maka Musa berkata: "Sesungguhnya aku adalah utusan dari Tuhan seru sekalian alam".  ( QS 43 : 46 )  

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا مُوسَىٰ بِآيَاتِنَا وَسُلْطَانٍ مُبِينٍ [٤٠:٢٣]

Dan sesungguhnya telah Kami utus Musa dengan membawa ayat-ayat Kami dan keterangan yang nyata,  ( QS 40 : 23 ) 

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا مُوسَىٰ بِآيَاتِنَا أَنْ أَخْرِجْ قَوْمَكَ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ وَذَكِّرْهُمْ بِأَيَّامِ اللَّهِ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِكُلِّ صَبَّارٍ شَكُورٍ [١٤:٥]

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Musa dengan membawa ayat-ayat Kami, (dan Kami perintahkan kepadanya): "Keluarkanlah kaummu dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dan ingatkanlah mereka kepada hari-hari Allah". Sesunguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi setiap orang penyabar dan banyak bersyukur.  ( QS 14 : 5 ) 

Allah memberitahukan melalui beberapa ayat ini bahwa Alah telah mengutus Nabi Musa as dengan membawa tanda-tanda kekuasaan Allah berupa mukjizat untuk menhadapi Fir,aun dengan para pemuka kaumnya. Fir'aun ini merupakan seorang raja atau penguasa yang kejam. Setiap ada yang melahirkan, kalau anaknya lelaki pasti dibunuhnya. Segala ucapannya harus dipatuhi, yang menentangnya pasti dibunuhnya. Dan yang lebih menyesatkan lagi prilakunya adalah dia mengaku bahwa dirinya adalah Tuhan, karena semua perintahnya tidak ada yang berani menentangnya.

Oleh karena itulah Allah mengutus Nabi Musa untuk menyadarkan Fir'aun dan para pemukanya dan berkatalah Nabi Musa kepada mereka yaitu dia diutus Allah untuk menyadarkan Fir'aun dan para kaumnya, untuk menuntun mereka , mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya . Dan sebagai bukti bahwa dia adalah utusan Allah, dia membawa kitab Taurat.

Selain dari itu mukjizat Nabi Musa as adalah  : 

1. dia bertemu dengan Allah langsung ;
2. tongkatnya bisa berubah menjadi ular ;
3. tongkatnya apabila dipukulkan ke batu bisa mengeluarkan air yang memancar ;
4. tongkatnya dapat membelah laut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar