Jumat, 04 Oktober 2013

MANUSIA BERSERAH DIRI HNY KEPADA ALLAH


MANUSIA ITU HARUS PASRAH KEPADA ALLAH

Yang dikehendak Allah adalah manusia itu harus pasrah kepada-Nya, dan ini merupakan inti dari tauhid atau inti iman. 

Barangsiapa yang masih menggantungkan diri kepada selain Allah, berarti mengandalkan perjuangan dan kehebatan diri sendiri, 

maka sifat orang tersebut menjadi ingkar dan lupa kepada Allah yang telah menciptakannya. 

Rasulullah saw bersabda, “ Ada tiga perkara yang membinasakan atau merusak manusia yaitu:

1. Kikir yang diikuti  ;  
2. Hawa wa nafsu yang diperturutkan dan 
3 . Membanggakan diri atas keberhasilannya ( suksesnya )  ( Al Hadits ).

Maksud dari Hadits di atas adalah :

1. Kikir yang diikuti  . Artinya manusia telah diberikan rezki oleh Allah itu ada sebagian rezki yang bukan hak mereka, akan tetai Allah menitipkannya untuk diberikan kepada fakir, miskin, anak yatim, dhuafa', ibnu sabil dan siapapun yang memang sangat membututuhkannya. Kalau tidak diberikan kepada mereka berarti manusia itu dikategorikan kikir, maka akan binasa.

2. Hawa wa nafsu yang diperturutkan. Artinya dengan rezki yang ada hanya digunakan untuk kesenangan pribadi, keluarga dan golongannya saja, mereka lupa kepada yang lainnya, ini juga yang akan membinasakan orang tersebut.

3 . Membanggakan diri atas keberhasilannya ( suksesnya ) . Apa yang dikerjakan dan apa yang didapat itu hanya diakui hasil dari kerja kerasnya sendiri, tanpa ada bantuan dari siapapun dan dari manapun. Walaupun ada juga dianggapnya, karena ada kepentingan dan sudah menjadi kewajiban yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar