Sabtu, 07 Desember 2013

APAKAH IBADAH ITU ?

IBADAH MENCAKUP AGAMA SEUTUHNYA

Tugas utama yang dibawa oleh setiap manusia di muka bumi ini tidak lain adalah untuk mengabdi kepada Allah. Dzat yang telah menciptakan kita lalu menyempurnakannya. Mnyempurnakan segala nikmatNya buat kita semua bik lahir maupun batin.

Ibadah adalah satu kata yang meliputi atau mencakup segala perbuatan dan perkataan yang dicintai dan diridoi Allah SWT.  Adapun wujudnya ibadah seperti: shalat, zakat, puasa, haji, berkata jujur, menyampaikan amanah, hormat kepada kedua orangtua, memelihara hubungan silaturahim, menepati janji ,menegakkan amar ma’ruf nahi munkar, berbuat baik kepada sesama, menyayangi binatang dan alam semesta, berdzikir dsb.

Wujud lain daripada ibadah adalah mencintai Allah dan rasul-Nya, takut kepada Allah, kembali bertaubat kepada-Nya, sabar dan ikhlas menjalankan semua syariat-Nya, mensyukuri segala nikmat-Nya, rido terhadap qodo dan qodar-Nya, mengharap rahmat-Nya, takut akan azab-Nya dll.

Menurut Syech Ibnu Taimiyah pembahasan masalah ibadah itu sangat lebar dan luas, meliputi berbagai macam kewajiban dan sendi-sendi agama yang merupakan syiar seperti shalat, zakat, puasa, haji. Dan kewajiban lain yang sifatnya tathawwu’ seperti dzikir, tilawah, doa, istighfar, tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir dst.

Ibadah yang mencakup segala aspek kehidupan bermasyarakat yang baik dan memenuhi hak-hak sesama manusia, seperti menghormati kedua orangtua, mempererat hubungan silaturahim, menyantuni anak-anak yatim dan orang miskin, ibnu sabil, lemah lembut dan mengasihi terhadap orang-orang yang lemah dan menyayangi binatang.

Ibadah yang mencakup akhlaq dan segala budi pekerti yang luhur seperti berkata jujur, menyampaikan amanah, berusaha menepati janji, menghormati dan menghargai sesama, saling mengisi, saling mengingatkan, saling membantu, saling menolong , saling melindungi dll.


Jadi segala usaha yang diperintahkan kepada manusia adalah ibadah. Ibadah yang baik dan benar itu selalu diawali dengan niat karena Allah, dan hanya untuk Allah dengan mengikuti petunjuk Rasul-Nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar