Sabtu, 07 Desember 2013

ALLAH DAN MUHAMMAD


Dari Anas ra , Rasulullah saw bersabda, “ Tiga golongan yang berada di dalamnya akan merasakan manisnya iman ( yaitu ) orang yang lebih mencintai Allah dan Rasul-Nya dari apa-apa selain keduanya ; orang yang mencintai seseorang semata-mata karena Allah, dan orang yang benci dikembalikan kepada kekufuran sesudah Allah menyelamatkannya daripadanya, sebagaimana dia benci dicampakkan ke dalam neraka “ ( HR Bukhari Muslim )

Maksud dari Hadits ini adalah, manisnya iman itu hanya Allah berikan kepada tiga golongan yaitu :

Golongan pertama, “orang yang lebih mencintai Allah dan Rasul-Nya dari apa-apa selain keduanya “ artinya mereka lebih mencitai Allah dan Rasulnya dari segala apa yang telah diciptakan oleh Allah, dan semua hal yang dilakukannya adalah hanya semata-mata mengharapkan ridonya Allah saya, tidak ada tujuan lain bagi dirinya atau keluarganya ataupun golongannya. Jadi semua hal yang dilakukannya itu adalah semata-mata karena Allah dan hanya untuk Allah baik dalam berucap maupun dalam berprilaku.

Golongan kedua , “; orang yang mencintai seseorang semata-mata karena Allah “artinya apa yang dia cintai itu bkan karena hawa nafsu, akan tetapi karena rasa kasih dan sayang sesuai dengan pentunjuk Allah. Dia menyayangi seseorang itu, seperti dia menyayangi dirinya sendiri, sebagaimana Allah telah menyayangi dirinya. Dan orang yang dia sayangi itu dia jaga ,dia pelihara, dia lindungi sesuai dengan amanat Allah, bukan dizalimi. Dan semua itu dia lakukan karena hanya semata-mata karena Allah dengan mengikuti petunjuk Allah.


Golongan ketiga, “orang yang benci dikembalikan kepada kekufuran sesudah Allah menyelamatkannya daripadanya, sebagaimana dia benci dicampakkan ke dalam neraka “ maksudnya orang yang membenci segala perbuatan buruknya yang pernah dilakukannya, dan tidak ingin mengulanginya, setelah dia mendapatkan hidayah dari Allah atas petunjuk Rasul-Nya “ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar