Rabu, 05 Maret 2014

PENYEBAB HATI RUSAK


ENAM PERBUATAN PENYEBAB KERUSAKAN HATI 

Al Imam Hasan Al Bashri R.A. menyampaikan tausiyyah sebagai berikut :
Sesungguhnya kerusakan amal itu disebabkan oleh enam perkara , yaitu :


1. Orang-orang yang sengaja melakukan dosa dengan berharap akan bertobat.Taubat yang diterima Allah itu hanyalah taubat nasuha. Artinya menesali apa yang telah dilakukan, kemudian untuk tidak mengulanginya


2. Berilmu tapi tidak mau mengamalkan.Ilmu yang di dapat kalau baru bermanfaat bagi diri sendiri saja, maka belum berhasil. Ilmu yang baik itu adalah ilmua yang bermanfaat bagi orang banyak.


3. Beramal tapi tidak ikhlas. Janganlah berbuat yang sia-sia, karena kita lahir tidak membawa apa-apa, apa yang ada pada kita hanya titipan Allah, maka apa yang kita lakukan dengan apa yang telah Allah titipkan  harus dilakukan dengan ikhlas.


4. Memakan rizki Allah tapi tidak bersyukur. Manusia makin banyak bersyukur makin bertambah pula rahmat untukNya, Kita bersyukur juga bukan untuk Allah, tapi akan kembali ke kita lagi.


5. Tidak ridha dengan pembagian rizki dari Allah. Yakinilah apa yang teleh diberikan Allah besar atau kecil, itu sudah yang terbaik menurut Allah.


6. Mengebumikan mayyit tapi tidak mengambil pelajaran. Orang yang tidak mau mengambil pelajaran di saat ta'ziyah adalah orang yang sudah mati akal dan pikirannya. Sama saja dengan orang kafir kalau mati ya dikubur , selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar