Kamis, 23 Januari 2014

FITNAH ADALAH PERBUATAN KEJI BAGIAN KE I


BAHAYANYA FITNAH BAGI MANUSIA  BAGIAN  KE  I

Fitnah merupakan ucapan atau kata-kata yang tujuannya menjelek-jelekkan orang lain sehingga oaring yng difitnah itu menjadi ternoda atau merugikan kehormatannya. Fitnah adalah suatu kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang-orang yang tidak punya tanggung jawab karena ada masud dan tujuan tertentu.

Darimana timbulnya fitnah itu ? Munculnya fitnah adalah dari dorongan hawa nafsu atau ambisi yang telah ditiupkan oleh setan. Fitnah hanya tumbuh subur dan berkembang di dalam hati orang-orang yang besar ambisiusnya. Dan dengan fitnah itulah dia nodai nama baik seseorang atau menjatuhkan kehormatan seseorang.

Apabila fitnah sudah termakan oleh banyak orang, maka pastilah akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan oleh si korban ( orang yang difitnah tersebut ). Dan bagi orang yang terkena fitnah , akan menjadi bingung karena apa yang disampaikan kepadanya itu sungguh dia tidak melakukannya sama sekali. Bagi orang yang tekena korban fitnah nama baiknya akan ternoda, kehormatannya menjadi tercemar dan harga dirinyapun jatuh di mata masyarakat.

Seorang tukang fitnah itu biasanya sangat pandai berbicara. Dia bisa meyakinkjan orang lain agar apa yang disampaikannya itu bisa dipercaya. Apabila yang difitnah itu seorang pimpinan atau pemuka masyarakat, maka jatuhlah kepemimpinannya dan masyarakatpun mulai tidak mempercayainya. Apabila yang difitnah itu guru maka akan hlanglah wibawa guru tersebut. Apabila yang tertimpa fitnah itu pada suami istri, maka akan goncanglah kehidupan rumah tangga mereka. Sungguh besar sekali bahaya daripada fitnah, dan kalau tidak tahan bisa menimbulkan pembunuhan. 

Sebagaimana firman Allah di dalam QS Al Baqarah ayat 191 yaitu :
ۚ وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ
Yang artinya , “ Dan fitman itu lebih besar bahayanya daripada pembunuhan “
Karena kejamnya bahaya fitnah maka umat Islam diperingatkan oleh Allah agar tidak melakukan fitnah. Dan bagi sapa saja yang berbuat fitnah akan diancam dengan siksa yang pedih oleh Allah.

Allah swt berfirman di dalam QS Al Anfal ayat 25 yaitu
وَاتَّقُوا فِتْنَةً لَّا تُصِيبَنَّ الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنكُمْ خَاصَّةً ۖ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ [٨:٢٥]
Yang artinya, “ Dan peliharalah dirimu daripada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar