Senin, 06 Januari 2014

APAKAH YANG DIMAKSUD IBADAH ?



APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN IBADAH ?

Ibadah adalah sebuah nama yang menghimpun dan mencakup semua amalan yang dicintai Allah dan diridoiNya baik ucapan maupun perbuatan. Allah akan mencatat amalan ibadah seseorang apabila sebelum melakukan sesuatu diniatkan ibadah kepadaNya dengan mengikuti tuntunan RasulNya ( tapi dengan catatan yang ikhlas karena Allah dan hanya untuk Allah ). Ibadah seseorang yang tahu apakah amalnya diterima atau tidak itu hanya Allah. Kenapa demikian ? Karena Allah tidak melihat bentuk rupa atau penampilan, Yang dilihat adalah niat hati orang tersebut itu apa ?

Jadi misalnya ada seseorang penceramah berdakwah kepada umat bagaimana ? Walaupun ceramahnya Okey banget, sangat menarik, pengunjungnya banyak, belum tentu itu baik menurut Allah. Kita tidak bisa menentukan bahwa dia itu baik, tapi kita juga tidak bisa menghakimi bahwa apa yang dilakukan itu jelek. Yang tahu itu hanya Allah. Tapi kan Dia itu seorang Habib. Katanya kalau yang namanya Habib itu ada keturunan dari Nabi Muhammad saw ? Rasulullah saw sendiri memberitahukan jangan membawa-bawa keturunan contoh walaupun Hasan Husain itu cucuku, Aisyah itu istriku, Khadijah itu istriku, tetap saja apabila ada dosa yang telah dilakukannya maka akan ditanggungnya sendiri, tidak bisa aku ( Nabi saw ) karena seorang Rasul lalu mereka mendapatkan jaminan dariku , semua itu urusan Alah.

Boleh saja kalian memperingati hari kelahiranku setiap tanggal 12 Maulid, tapi jangan yang berlebih-lebihan, dengan menghabiskan dana yang cukup banyak. Apakah arti semua itu ? Lebih baik dana itu berikan saja kepada Fakir, miskin, anak yatim dan kaum dhuafa’ yang lebih banyak membutuhkan. Atau dengan mengundang seorang mubaligh dengan memberinya dana cukup besar . Aturan siapakah itu ? 

Aku ( Rasul ) sendiri pernah ditegur Allah, mengapa mereka pada menjauhimu disebabkan karena engkau menyampaikan syiar agama Allah itu membebani mereka cukup berat ? Aku jawab bahwa aku hanya menyampaikan tugas seperti apa yang Allah amanatkan, aku tidak butuh imbalan apapun, kecuali dariMu Ya Allah ? Dan kepada penceramah dan pendakwah apakah kalian tidak takut terkena murkanya Allah ? Apakah kalian semua berani mempertanggung jawabkannya di hadapan Allah apa yang kalian lakukan, karena aku tidak menuntun seperti itu ? Karena jangan sampai Allah menegur aku, dikiranya aku yang mengajari mereka seperti itu ?


Seharusnya di bulan Maulid itu kalian banyak tafakur tentang diri kalian masing-masing, karena kalian telah bersaksi dan bersumpah di hadapan Allah bahwa aku ( Muhammad ) adalah utusan Allah ? Tahukan kamu aku itu diutus apa ? Kemudian sudah sejauh mana pelaksanaannya apakah kalian sudah melaksanakan apa yang aku sampaikan ? Malam dan siang aku selalu memikirkan kalian, mendoakan kalian agar kalian bisa selamat dan berbahagia di sisi Allah baik ketika kalian masih berada di dunia atau ketika kalian menghadap Allah. Karena tugasku adalah memberikan peringatan kepada kalian bagi yang tidak taat kepada Allah akan celaka, semoga ini dijadikan pembelajaran oleh kalian semua berkaitan bulan ini adalah bulan Maulid dan tanggal 12 Maulid itu merupakan hari kelahiranku. Semoga Allah membuka hati kalian dan sekaligus menyadarkan kalian yang selama ini  telah salah jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar