Kamis, 07 September 2017

ENAM KEBURUKAN YANG HARUS DIHINDARI

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.




Ada enam keburukan yang tidak boleh didekati oleh manusia yaitu HUBB AL - DUNYA  ,  HUBB AL RIYASAH  ,  HUBB AL MADH  ,  HUB AL AKL  ,  HUBB AL NAUM  ,  HUB AL ISTIRAHAH

HUBB AL - DUNYA  adalah mencintai dunia . Barangsiapa yang hatinya telah terisi dengan cinta dunia, maka cinta akhiratnya pasti kosong .  Dunia ini alam palsu, akan tetapi justru manusia kebbanyakan menyukainya .  Dunia ini kesenangan yang sesaat tapi penyesalannya akan sepanjang hayat .  Dunia ini hanyalah permainan dan sendagurau , tapi manusia merasa senang bila dipermainkan oleh dunia. 

HUBB AL RIYASAH  adalah berambisi menjadi kepala atau pejabat . Banyak orang yang memaksakan diri untuk menduduki suatu jabatan atau pimpinan. Segala cara dilakukan , tidak peduli apakan cara itu halal ataukah haram . Yang penting tujuannya bisa tercapai . Urusan benar dan salah adalah urusan belakangan .

HUBB AL MADH  adalah senang akan pujian. Hati - hati dengan pujian , karena ada pujian yang tulus dan ada pujian yang tidak tulus. Pujian yang tulus itu muncul dari hati yang bersih. Sedangkan pujian yang tidak tulus muncul dari hati yang munafik.  Pujian yang tidak tulus ini akan melahirkan berbagai macam keburukan dan kejahatan .

HUB AL AKL  adalah senang makan kenyang . Bila perut kenyang makan akan menimbulkan berbagai macam penyakit di antaranya adalah , malas , lemah , mudah marah , kurang bergairah dll. Rasulullah saw telah menuntun kita bagaimana cara makan yang baik dan sehat menyehatkan. Yaitu jangan makan dulu sebelum perut merasa lapar. Setelah lapar benar maka barulah makan dengan cara 1/3 bagian pperut diisi dengan makanan . 1/3 bagian perut lagi khusus diisi air dan 1/3 sisanya kosongkan untuk pernafasan . 

HUBB AL NAUM  adalah senang banyak tidur. Banyak tidur itu bisa menimbulkan penyakit malas , cara berfikirnya menjadi lemah , tapi tingat emosinya naik cepat . 

HUB AL ISTIRAHAH adalah senang banyak istirahat . Istirahat itu harus. Namun bila berlebihan maka sama saja dengan membuang - buang waktu ., menyia - nyiakan waktu . Akhirnya tidak menghasilkan apapun yang sekiranya bermanfaat bagi dirinya .

Semoga uraian ini bermanfaat untuk kita semua . Aaaamiin
Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar