Minggu, 07 Agustus 2016

MENCONTOH SIFAT BAIK ORANG LAIN



MENCONTOH SIFAT BAIK ORANG LAIN

Dalam hidup sebenarnya anda dan saya sudah banyak disuguhi oleh pelajaran-pelajaran dari setiap orang yang ditemui, baik itu dari keluarga, tetangga, teman-teman ataupun orang yang sama sekali tidak kita kenal.

Banyak dari orang mengatakan kalau lebih baik kita hidup dengan menjadi diri sendiri, namun bukan berarti kita mesti mempertahankan sifat buruk, dan tidak boleh mencontoh sifat baik orang lain.

Manusia mempunyai kepribadian yang berbeda-beda. Dalam Sebuah buku Personality Plus yang ditulis oleh Florence Littauer. Manusia pada dasarnya memiliki 4 kepribadian berbeda, yaitu : Sanguinis, Melankolis, Koleris dan Phlegmatis. 

Dari setiap kepribadian itu mempunyai sifat baik dan buruk masing-masing, dari kepribadian sanguinis kita bisa belajar untuk hidup sedikit santai dengan humor, agar tidak terlalu tegang. 

Dari kepribadian Koleris kita bisa belajar keberanian, karena orang koleris bersedia mengambil resiko, tak kenal takut. 

Dari kepribadian Melankolis kita bisa belajar kefokusan, karena orang-orang Melankolis selalu melakukan sesuatu sampai selesai sebelum melakukan yang lainnya.

Dan dari Kepribadian Phlegmatis kita bisa belajar ketenangan, karena orang phlegmatis dapat menahan diri dalam menunjukkan emosi.

Setiap dari kita bisa saling mempelajari, anda bisa belajar dari saya, dan saya bisa belajar dari anda. Ketika melihat orang yang menyebalkan, kita bisa belajar dari mereka untuk tidak melakukan hal yang sama menyebalkan seperti yang mereka lakukan tersebut.

Ketika kita sebal sekali menunggu teman lelet, itu artinya kita tidak boleh terlalu lelet, ketika seseorang telah menunggu, bergegaslah untuk secepat mungkin supaya orang lain tidak menunggu. Hindari perbuatan-perbuatan buruk yang kita sendiri tidak suka melihatnya.

Manusia memang tidak luput dari kesalahan, hanya saja, dengan belajar kita bisa memperminim tingkat kesalahan. Dengan belajar dari orang lain kita bisa menjadi setingkat lebih tinggi dari manusia yang tidak mau belajar.

Quote:
“Jadi orang baik itu simpel saja, contohlah sifat baik dari orang lain, dan jauhilah sifat buruk yang pernah mereka lakukan.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar