Kamis, 07 November 2013

JANGANLAH BERLAKU SOMBONG TERHADAP APA YANG TELAH DIRAIHNYA


Bagi siapapun janganlah terlalu bergembira karena telah mencapai ketaatan yang sempurna kepada Allah. Tidak perlu merasa senang dan puas dengan maqam taat telah dicapainya, telah diperolehnya. Kesemuanya itu adalah anugerah Allah Yang Maha Rahan. Dialah pemiliknya, dan Dia berikan kepada siapapun sesuai dengan kehendakNya. Boleh saja bergembira, boleh saja merasa cukup puas dengan apa yang telah diraihnya, akan tetapi serahkan semuanya itu hanya untuk Allah, bukan untuk dirinya sendiri.

Allah swt berfirman , " Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya ,maka manusia boleh bergembira semata-mata karena Allah. Karena semua itu karena Allah atas izin dan rido Allah. Dan semua lebih baik dari apa yang telah diraihnya, dari apa yang telh dikumpulkan "

Ketaatan seorang hamba, atau taatnya kita hendaknya taat yang murni dan beribadahnya semata-mata hanya karena Allah dan untuk Allah dengan mengikuti tuntunan Rasul-Nya, bukan karena sesuatu yang lain. Martabat taat itu akan semakin meningkat menjadi kekuatan yang lama kelamaan akan menjadi perisai dalam bentuk kekebalan diri dari serangan iblis dan hawa nafsu yang datang tanpa sepengetahuan kita.

Syech Athailah berkata bahwa Allah swt akan menghalang-halangi orang yang mencari-Nya, ataupun orang yang sudah mencapainya dengan cara selalu mengawasi amal ibadahnya, sikapnya dan adabnya apakah mereka beribadah itu hanya karena Allah semata atau tidak .

Pada dasarnya taat itu hanyalah semata ditujukan kepada Allah semata, bukan kepada selain Allah, apalagi karena seorang hamba merasa sombong telah berbuat taat, kemudian dirinya merasa senang karena sudah mendapatkan suatu kebahagiaan yang mantap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar