Kamis, 27 Februari 2014

ALLAH ITU MAHA MENGETAHUI SEGALA SESUATU


SEGALA PERBUATAN KITA SELALU DALAM PENGAWASAN ALLAH

Allah swt berfirman di dalam QS Qaaf ayat 18 yaitu :
مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ [٥٠:١٨]
Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.

Allah swt berfirman di dalam QS Al Isra ayat 36 yaitu :
وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ ۚ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا [١٧:٣٦]
Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.

Melalui ayat ayat ini Allah memberitahukan kepada kita bahwa jangan dianggap segala perbuatan kita ini tidak diketahui Allah. Akan tetapi semua perbuatan kita itu terpantau terus, tidak ada yang terlewatkan sedikitpun. Jangankan perbuatan yang nmpak, yang tidak nampakpun akan diketahuinya . Apakah benar demikian ? Karena pada diri kita ini ada para Malaikat yang selalu mengawasi kita dan yang mencatat amal perbuatan kita apakan yang baik maupun yang buruk.

Lalu, “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. “ artinya kalau kita benar-benar tidak tahu sendiri, maka jangan berani mengatakannya. Kalau yang dilihat itu benar, maka katakan bahwa itu benar. Sebaliknya kalau yang dilihat itu salah, maka katakan bahwa itu salah. Janganlah takut kepada apapun dan siapapun, tetapi takutlah kepada Allah.

Lalu, “Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. “ artinya seluruh anggota tubuh kita, bukan hanya telinga, mata dan hati saja, semuanya akan dimintai pertanggung jawaban, apakah apa yang diberikan Allah itu sudah sesuai dengan fungsi dan penggunaannya .

Bukan hanya itu saja termasuk apa yang masuk didengar oleh telinga kita, apa yang dilihat oleh mata kita, apa yang dipikirkan oleh akal kita, apa yang diperbuat oleh tangan kita, apa yang dilakukan oleh kaki kita , apa yang masuk ke mulut kita, apa yang masuk ke hidung kita, dan apa yang dikerjakan oleh hati kita, semuanya akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah

Semoga kita semua dapat menggunakan apa yang telah diberikan Allah sesuai dengan fungsi dan kegunaannya dan semoga kita semua dapat menerima amanat Allah, memeliharanya dan menumbuh kembangkan amanat itu dengan baik dan benar. Aaaamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar